Cover Blog

Cover Blog

Thursday 13 March 2014

#TalkAbout: Pengertian Berita dan Jenis-jenisnya




I.            Pengertian Berita

http://fc09.deviantart.net/fs71/i/2011/142/4/7/news_reporter_and_cameraman_by_shinoahd-d3gyhf2.jpg
Menurut Mitchell V. Charnley, berita adalah laporan tercepat dari suatu peristiwa, atau kejadian yang faktual, penting dan menarik bagi sebagian besar pembaca, pendengar atau pemirsa. Dari pengertian tersebut, ada empat unsur yang harus dipenuhi oleh sebuah peristiwa, sehingga layak menjadi sebuah berita. Diantaranya:


1.   Unsur Aktual
Yaitu mengandung unsur terkini, terbaru, terhangat, baru saja atau sedang terjadi. Pengertian terbaru, bisa merupakan fakta terbaru yang ditemukan dari suatu peristiwa lama, atau peristiwa yang baru saja terjadi.

2.   Unsur Faktual
Dalam unsur faktual, kejadiannya benar-benar merupakan suatu kenyataan, buka suatu rekaan, khayalan atau karangan. Fakta adalah sebuah berita muncul dan diperoleh dari sebuah kejadian nyata, pendapat, ataupun pernyataan.

3.   Unsur Penting
Ada dua hal dalam suatu berita dinilai penting. Pertama, tokoh yang terlibat dalam pemberitaan adalah tokoh penting atau memiliki kapasitas yang telah diakui oleh masyarakat. Kedua, materi berita menyangkut kepentingan orang banyak, dan mempengaruhi kondisi masyarakat.
  
4.   Unsur Menarik

Yaitu berita yang merupakan pengembangan dari berita yang sudah ada, kemudian dilakukan pendalaman berita secara details. Pendalaman berita dilakukan dengan cara mencari informasi tambahan dari narasumber, atau berita yang berhubungan dengan berita yang sudah ada.



http://www.esensi.co.id/images/thumbnails/images/stories/hanum2-376x225.jpg


II.          Jenis Berita
Dalam penulisan sebuah berita, dikenal dengan unsur 5W +1H. Merupakan singkatan dari what (apa), where (di mana hal tersebut terjadi) when (kapan terjadinya), who (siapa yang terlibat), why (kenapa hal tersebut terjadi), how (bagaimana hal tersebut terjadi).
Unsur berita tersebut,dalam rumusan Indonesia, dikenal dengan 3A-3M, singkatan dari Apa, si-Apa, meng-Apa, bila-Mana, di-Mana, dan bagai-Mana. Sebuah berita idealnya memiliki keenam unsur tersebut.
Proses pencarian berita, bisa diperoleh dengan beberapa cara. Seperti wawancara langsung dengan sumber berita, mendatangi tempat peristiwa kejadian, atau meneruskan berita yang sebelumnya telah diliput oleh media lain.
Berikut ini beberapa jenis berita yang dikenaldalam dunia jurnalistik:

1.   Berita Langsung (Straight News)
Yaitu, jenis berita yang ditulis secara singkat, padat, lugas, dan apa adanya. Penulisannya menggunakan gaya pemaparan. Yakni memaparkan peristiwa apa adanya, tanpa disertai dengan penjelasan atau penilaian. Struktur penulisannya, mengacu pada struktur piramida terbalik. Diawali dengan mengemukakan hal-hal yang paling penting, diikuti bagian yang dianggap agak penting, tidak penting dan seterusnya. Bagian penting dituangkan pada alinea pertama (lead), setelah judul berita (headline), dan baris tanggal (dateline).

2.   Berita Opini (Opinion News)
Sebuah berita mengenai pendapat, pernyataan, atau gagasan dari seseorang. Biasanya pendapat dari para cendekiawan, tokoh masyarakat, ahli, atau seorang pejabat mengenai suatu masalah atau peristiwa. Penulisannya dimulai dengan teknik pernyataan (statement lead), atau teras kutipan (quotion lead), dengan mengedepankan ucapan yang isinya dianggap paling penting atau paling menarik. Sebagai tanda bahwa berita tersebut adalah berita opini, biasanya pada judul dicantumkan nama narasumber, diikuti titik dua, lalu berisi kutipan pernyataan atau kesimpulan pernyataan yang paling menarik.

3.   Berita Interpretatif (Interpretative News)
Jenis berita yang dikembangkan dengan komentar serta penilaian dari reporter, atau narasumber yang berkompeten, atas berita yang sudah ada. Sehingga jenis berita ini, merupakan gabungan antara fakta yang diperoleh, dengan penilaian akan suatu berita, oleh seorang reporter atau narasumber.

4.   Berita Mendalam (Depth News)
Yaitu berita yang merupakan pengembangan dari berita yang sudah ada, kemudian dilakukan pendalaman berita secara details. Pendalaman berita dilakukan dengan cara mencari informasi tambahan dari narasumber, atau berita yang berhubungan dengan berita yang sudah ada.


5.   Berita Penjelasan (Explanatory News)
Sebuah berita yang sifatnya menjelaskan, dengan menguraikan sebuah peristiwa dengan data yang lengkap. Fakta dijelaskan secara rinci, dengan beberapa argumentasi, atau pendapat penulis berita. berita jenis ini, biasanya bersifat panjang lebar, sehingga harus disajikan secara bersambung atau berseri.

Sumber:
Triono, Hendri. Langkah Awal Menjadi Presenter: Memulai Karier Sebagai Presenter Radio & Televisi. Yogyakarta: Penerbit Cakrawala. 2007.


3 comments:

  1. arti dari berita terhangat tuh apa?

    ReplyDelete
  2. arti dari berita terhangat tuh apa?

    ReplyDelete
  3. yang saya ketahui arti dari brita terhangat itu brita/kabar Tebaru pada saat itu, jam itu & kejadian pada saat itu juga yang langsung di pulikasikan.

    ReplyDelete